Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mau Tahu Info Tenang Vaksinasi ? Kunjungi SehatQ.Com


Pandemi covid yang terjadi setahun belakangan ini telah mengubah banyak hal di dunia termasuk di Indonesia. Mulai dari banyaknya orang yang harus melakukan pekerjaannya di rumah, anak anak yang juga sekolah di rumah hingga mulai pedulinya orang akan pola hidup sehat dan bersih.

Selain mengubah kebiasaan covid juga telah membawa dampak yang cukup negatif di berbagai bidang. Mulai dari bidang kesehatan, pendidikan, pariwisata hingga bidang ekonomi sangat berdampak dengan adanya pandemi ini. Dampak di bidang kesehatan misalnya banyak orang yang meninggal setelah terkena covid, tak sedikit juga yang akhirnya sembuh akan tetapi ada gangguan pada organ di tubuhnya seperti di paru parunya.


Di bidang ekonomi covid juga memiliki dampak yang cukup buruk. Kelesuan ekonomi yang hampir menyeluruh menjadikan banyak perusahaan merugi dan tak sedikit yang mengalami kebangkrutan. Tentunya hal ini juga mempengaruhi kondisi dari para pekerjanya. Banyak pengusaha yang pada akhirnya harus merumahkan karyawannya, ada juga yang harus mem PHK karyawannya karena adanya covid. Dampak nyata covid lainnya bisa dilihat dari terjadinya resesi di Indonesia pada tahun 2020 yang lalu. Dan untuk resesi ini sebenarnya tak hanya Indonesia saja yang mengalaminya. Beberapa negara maju seperti Amerika Serikat, Jerman, Hongkong, Selandia Baru, Korea selatan dan lainnya juga mengalami resesi di saat pandemi ini.


Dengan banyaknya akibat negatif ini tentunya banyak orang yang kemudian menyadari untuk menghentikan virus ini. Salah satu cara menghentikannya tentunya dengan menghambat penularan virus covid misalnya dengan cara menerapkan sejumlah protokol kesehatan.


Selain protokol kesehatan, upaya lainnya yang dilakukan dalam penanganan pandemi covid 19 ini yakni dengan vaksinasi. Seperti yang kita ketahui bersama sejak akhir 2020 hingga 2021 ini vaksinasi sudah mulai dilakukan di berbagai negara. Dan untuk Indonesia sendiri vaksinasi mulai dilakukan pada 13 januari 2021 yang lalu. Dan sampai awal maret pelaksanaan vaksinasi di Indonesia mencapai angka satu juta sembilan ratus ribuan orang atau satu persen dari total target 181 juta orang.


Dan untuk vaksinasi ini tak semua orang bisa atau boleh mendapatkannya. Hal ini karena dikhawatirkan bisa timbul efek samping pada penderita penyakit tertentu. Sehingga wajar jika kemudian ada syarat syarat yang harus dipenuhi agar bisa mendapatkan vaksin. Beberapa diantaa syarat untuk men

Sebagaimana dilansir dari website SehatQ.Com beberapa syarat untuk bisa mendapatkan vaksin covid 19 di Indonesia yang menggunakan vaksin sinovac antara lain adalah sebagai berikut :

  1. Bukan penderita penyakit kronis seperti penyakit jantung baik itu gagal jantung maupun jantung koroner, Penyakit gagal ginjal kronis, tidak sedang mengalami ISPA, bukan orang yang memiliki autoimun.

  2. Tidak sedang hamil. Untuk mereka yang sedang hamil pelaksanaan vaksinasi akan ditunda.

  3. Tidak demam dengan temperatur lebih dari 37,5 derajat celcius.

  4. Buka orang yang sedang terkena covid 19. Dan untuk mereka yang pernah kena vaksinasi baru bisa dilaksanakan minimal 3 bulan setelah mereka dinyatakan sembuh.

  5. Bukan orang yang menderita tekanan darah tinggi.

  6. Penderita Diabetes melitus (DM) tipe 2 terkontrol dan HbA1C di bawah 58 mmol/mol atau 7,5 persen dapat diberikan vaksinasi.

  7. Tidak sedang kontak erat dengan orang yang sedang positif covid 19.

  8. Untuk para penderita TBC yang masih dalam perawatan, vaksinasi dapat diberikan setelah dua minggu menerima obat antituberkulosis.

Posting Komentar untuk "Mau Tahu Info Tenang Vaksinasi ? Kunjungi SehatQ.Com"